Strategi Facebook marketing merupakan pengetahuan wajib bagi seorang pebisnis. Itu karena, efektivitas yang dimilikinya begitu tinggi. Bisa dikatakan, pengetahuan akan hal ini bisa menjadi kunci sukses atau tidaknya proses marketing.

Sebenarnya untuk sekarang, ada banyak sosial media yang bisa dipilih dalam marketing. Tentu di antara banyaknya sosial media tersebut, terdapat banyak keunggulan yang bisa didapat ketika memilih Facebook. Keunggulan pertama terletak pada pengguna.

Facebook memiliki pengguna dalam jumlah banyak. Untuk sekarang, Facebook sendiri adalah sosial media terpopuler di dunia. Baik aktif maupun tidak, setiap orang pasti memiliki akun Facebook nya masing-masing. Keunggulan selanjutnya terletak pada fitur yang dimiliki.

Facebook memang memberikan perhatian lebih terhadap marketing. Dengan itu, banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membantu proses marketing.

Beberapa Strategi Facebook Marketing Terbaik

Jika ingin mendapatkan hasil terbaik, persiapan matang perlu dilakukan. Ini adalah kunci yang akan menentukan keberhasilan marketing.

Tanpa adanya persiapan matang, usaha yang dilakukan pasti akan percuma. Jika dilihat secara lebih detail, terdapat beberapa strategi terbaik yang bisa dilakukan ketika akan memulai Facebook marketing.

Foto Profil

Strategi Facebook marketing pertama berhubungan dengan foto profil. Pastikan melakukan optimasi foto profil dengan sebaik mungkin. Foto profil memiliki fungsi sebagai kesan pertama.

Jika kesan pertamanya saja sudah negatif, akan sulit bagi sebuah usaha untuk bisa menarik konsumen. Memilih jenis foto profil juga merupakan hal penting. Lihat tipe bisnis yang sedang dijalankan.

Jika yang dijalankan adalah bisnis perorangan, menggunakan foto wajah merupakan keputusan tepat. Ini membuat pelanggan merasa lebih aman ketika memesan. Hal berbeda perlu dilakukan jika usaha yang dijalankan bersifat kelompok atau skalanya lebih besar lagi.

Pastikan memiliki konsep logo yang matang dan menjadikannya sebagai foto profil. Ini akan membuat usaha terlihat lebih profesional. Kepercayaan konsumen jelas lebih mudah didapat.

Cover

Dalam profil Facebook, ada dua foto yang bisa ditambahkan. Foto tersebut adalah foto utama dan cover. Sebelumnya telah dijelaskan bahwa foto utama akan memperlihatkan identitas.

Namun ketika konsumen mengunjungi profil Anda, coverlah yang akan menarik perhatian. Itu karena, cover ini memiliki ukuran cukup besar. Memerhatikan cover merupakan hal penting dalam strategi Facebook marketing.

Jika cover tidak diperhatikan dengan baik, kemungkinan mendapat sukses ketika melakukan pemasaran menjadi lebih kecil. Untuk cover sendiri, terdapat beberapa poin penting yang perlu dipikirkan.

Pastikan cover tersebut mewakili bisnis Anda. Milikilah keunikan tersendiri yang membuat bisnis Anda terlihat berbeda dibandingkan yang lain.

Jika bisa, munculkan slogan bisnis di dalam cover. Dengan adanya slogan bisnis, konsumen bisa lebih memahami arah bisnis Anda ke depannya.

Jenis Konten

Terdapat kesalahan dalam strategi Facebook marketing yang sering dilakukan. kesalahan biasanya dilakukan pada jenis konten yang dikirim. Kebanyakan orang sering membagikan konten yang isinya merupakan konten orang lain.

Biasanya ini dilakukan dengan membagikan tautan. Hal tersebut merupakan kesalahan besar karena ini akan menghilangkan identitas. Membagikan tautan sebenarnya boleh saja asalkan tidak dilakukan terlalu sering.

Konten berupa video atau kutipan bisa dijadikan pilihan tepat. Menambahkan foto juga bisa memberikan hasil serupa. Pastikan juga konten tersebut memberikan informasi yang bermanfaat dan menarik. Dengan itu, konsumen akan betah berlama-lama di profil usaha Anda.

Penataan Foto

Ketika memilih foto yang akan diposting, kebanyakan orang hanya memerhatikan kualitasnya. Ini sebenarnya tepat.

Ketika foto yang diposting memiliki kualitas terbaik, konsumen akan lebih mudah menerimanya. Namun pastikan juga penataannya sudah tepat.

Lihat apakah tampilannya di desktop dan mobile sudah tepat atau tidak. Jika belum tepat, lakukan optimasi agar hasilnya lebih menarik.

Waktu Posting

Jangan lupa untuk memerhatikan waktu posting. Waktu posting ini menjadi kunci apakah konsumen akan mendapat informasi tentang produk yang ditawarkan atau tidak.

Cari kisaran waktu dimana target pasar Anda sedang sering menggunakan Facebook. Memposting di jam-jam tersebut merupakan keputusan tepat. Sebagai salah satu tips, jangan melakukan kesalahan dengan banyak memposting di hari libur.

Biasanya di hari libur, kebanyakan orang lebih sering melakukan aktivitas di luar. Akan lebih tepat jika memposting pada jam istirahat di hari biasa. Biasanya, ini adalah waktu paling sering bagi konsumen dalam menggunakan Facebook.

Jika ingin memahami Facebook Marketing secara lebih mendalam, ikuti saja kelas pembelajaran yang diberikan oleh kelasbelajar.net. Nantinya, akan banyak informasi tentang strategi Facebook marketing yang diberikan.

Similar Posts