Bagi Anda yang terjun ke dalam dunia email marketing, strategi email marketing yang baik dan benar harus diterapkan sejak awal. Tujuannya adalah mendapatkan pencapaian yang maksimal dan sesuai dengan target yang sudah ditentukan di awal.

Seperti kita ketahui, email marketing merupakan salah satu metode pemasaran yang paling populer di era modern ini. Sudah terbukti kalau email marketing memberikan dampak yang bagus terhadap penjualan dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

Saat ini metode email marketing banyak dilakukan oleh para marketer professional. Tidak hanya dari kalangan pribadi saja, tapi juga dari banyak perusahaan besar multinasional di negeri ini. Kalau mereka saja melakukannya, mengapa Anda tidak?

Strategi Email Marketing yang Efektif

Berdasarkan riset yang sudah dilakukan oleh para ahli, ada kurang lebih 3,8 miliar pengguna email saat ini. Riset tersebut juga berhasil membuktikan kalau metode pemasaran dengan email 40 kali lipat lebih efektif jika dibandingkan dengan metode pemasaran lainnya.

Namun untuk memaksimalkan dampak dari email marketing ini tentu saja ada beberapa hal yang wajib Anda lakukan. Strategi email marketing yang tepat akan membawa Anda ke titik puncak penjualan dan mendapatkan profit yang memuaskan. Ini dia penjelasannya.;

  1. Kenali Kebiasaan Calon Pelanggan 

Strategi pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami kebiasaan dari para calon pelanggan dengan baik. Penting bagi seorang marketer untuk memahami hal ini. Pahami selera para konsumen Anda dan buat mereka merasa pas dengan email yang Anda kirimkan.

Setelah Anda memahami bagaimana selera dan kebiasaan dari calon konsumen tersebut, selanjutnya Anda hanya tinggal membuat konten email yang sesuai dengan karakteristik calon pembeli tersebut.

Gunakan kalimat yang baik dan menggiurkan agar minat mereka semakin tinggi. Melakukan hal ini sudah pasti akan menjaring lebih banyak konsumen dalam waktu yang singkat. Namun tentu diperlukan waktu untuk melakukan riset pada awalnya.

  1. Tetapkan Target Penjualan Lewat Email

Bagaimanapun juga target penjualan adalah hal yang harus dipertimbangkan sejak awal. Target penjualan ini menjadi tolak ukur apakah bentuk pemasaran yang Anda jalankan sesuai dengan rencana atau tidak. Karena bicara target, tentu saja kita harus berorientasi pada hasil.

Caranya juga tidak sulit, pertama Anda hanya perlu melakukan riset rata-rata penjualan yang sudah berhasil dilakukan selama menggunakan email marketing. Setelah rata-rata penjualan ini terlihat, selanjutnya Anda hanya tinggal menentukan target lanjutan.

Penentuan target yang sesuai merupakan salah satu strategi email marketing yang paling utama. Dengan ini Anda jadi memiliki tolak ukur pencapaian yang harus diraih. Berikan effort yang luar biasa di setiap harinya agar target tersebut bisa Anda penuhi.

  1. Kelompokkan User 

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengelompokan user. Pengelompokan user ini tentu diambil dari database pelanggan yang sudah Anda miliki sebelumnya. Dengan mengelompokkan user dalam golongan khusus, Anda bisa memilih metode pemasaran yang efektif.

Jenis pengelompokan yang dilakukan biasanya berdasarkan usia, minat, tempat tinggal konsumen, edukasi, dan lain sebagainya. Dengan melakukan segmentasi pelanggan seperti ini, proses email marketing tidak perlu dilakukan secara berulang. Cukup ikuti saja databasenya.

  1. Tentukan Jenis Campaign

Hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda lakukan adalah menentukan jenis kampanye yang tepat. Tentu saja ada banyak sekali jenis kampanye yang bisa Anda pilih di internet saat ini. Termasuk untuk kategori email marketing yang sedang kita bahas ini.

Kampanye biasanya berhubungan erat dengan profil pelanggan yang Anda miliki. Lakukan riset dan sesuaikan kampanye yang hendak diluncurkan dengan berdasar pada profil para calon konsumen ini. Ini merupakan strategi email marketing yang wajib dilakukan.

  1. Evaluasi dan Ukur Hasilnya

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah melakukan evaluasi dan pengukuran terhadap hasil atau pencapaian dari penerapan email marketing itu sendiri dalam fase tertentu. Buatlah tanggal closing. Lalu lakukan penelitian terhadap hasil pencapaian tersebut.

Untuk Anda yang tertarik mendalami email marketing lebih jauh, kelasbelajar.net menyediakan Kelas Email Marketing untuk semua kalangan. Segera daftarkan di dan kami pastikan Anda akan mampu mendalami strategi email marketing dengan baik kedepannya.

Similar Posts