Mengenal affiliate marketing sangatlah penting bagi Anda yang berkecimpung di dalam bisnis online. Bukan tanpa alasan, bisnis satu ini memang memiliki dampak yang begitu luar biasa untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda dalam waktu singkat.

Namun sebelumnya Anda harus benar-benar memahami apa saja poin poin penting yang berkaitan dengan affiliate marketing itu sendiri. Khususnya memahami apa pengertian dari affiliate marketing secara lebih mendalam dan menerapkannya pada bisnis.

Mengenal Affiliate Marketing Lebih Jauh

Affiliate marketing adalah salah satu model dalam bisnis yang menggunakan sistem pembayaran komisi secara langsung terhadap jasa pemasar atau marketer. Jadi seorang affiliate marketing tidak memiliki produknya sendiri.

Mereka cenderung memasarkan produk orang lain dengan harga lebih. Harga awal dikembalikan kepada penjual sedangkan harga lebih kemudian dijadikan komisi untuknya. Ada simbiosis mutualisme antara pemilik produk dan penjual disini.

Keduanya sama-sama diuntungkan dalam setiap transaksi yang dilakukan. Adapun media yang biasa digunakan oleh seorang marketer affiliate tentu adalah media online. Komisi didapat setelah proses jual beli terjadi secara sempurna.

Cara Kerja dari Affiliate Marketing

Dalam mengenal affiliate marketing, penting juga bagi Anda untuk memahami cara kerja dari affiliate marketing itu sendiri. Hal pertama yang harus dipahami adalah pihak-pihak yang terlibat di dalam affiliate marketing itu sendiri.

  1. Pihak-pihak dalam affiliate marketing

Dalam hal ini ada tiga pihak utama yang berperan besar di dalam affiliate marketing. Yang pertama adalah pemilik produk yang dijual, Affiliate atau pengiklan dan yang terakhir adalah konsumen.

Ketiga pihak tersebut memiliki peranannya masing-masing. Terutama di antara affiliate dan pemilik barang. Harus ada kerjasama yang kuat diantara keduanya. Kerjasama yang kuat ini misalnya direalisasikan dalam kemudahan bahan promosi, harga yang bersaing dan lain sebagainya.

  1. Cara kerja affiliate marketing

Untuk cara kerja lengkapnya, bisa dianalogikan sebagai berikut. Misalnya ada satu penjual memiliki produk baju dengan harga 10 ribu rupiah. Maka penjual atau affiliate bisa menualnya kembali di harga lebih.

Selisih dari harga tersebut menjadi keuntungan affiliate. Adapun affiliate hanya menyebarkan link atau memasarkan produk saja melalui platform yang digunakan. Mengenai proses pemesanan dan pengiriman barang, hal ini dilakukan sepenuhnya oleh penjual.

Hal ini juga menjadi perbedaan mendasar antara affiliate dan dropship. Dalam affiliate, pemasar sama sekali tidak memiliki stok barang dan hanya berkewajiban untuk membagikan link produknya saja. Sedangkan dalam dropship, pemasar memiliki stok barang.

Sistem Pembayaran untuk Affiliate Marketer

Mengenal affiliate marketing tentu tidak akan lengkap tanpa memahami sistem pembayarannya. Sejauh ini memang ada beberapa cara yang berbeda untuk menerima pembayaran sebagai seorang affiliate marketing. Berikut ini cara-caranya.

  1. Pay per sale

Metode pertama adalah metode pay per sale. Ini merupakan metode pembayaran yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Saat menggunakan sistem ini, pemilik produk atau merchant melakukan pembayaran setiap kali barang terjual.

  1. Pay per lead

Jenis pembayaran selanjutnya adalah pay per lead. Dalam hal ini merchant tidak melakukan pembayaran secara langsung. Mereka hanya akan melakukan pembayaran setelah affiliate marketer mencapai ambang batas tertentu dalam penjualan yang mereka lakukan.

  1. Pay per Click

Jenis pembayaran affiliate marketing selanjutnya adalah PPC atau pay per click. Pada metode satu ini affiliate hanya diwajibkan untuk mengarahkan calon pembeli pada situs yang dimiliki oleh merchant. Dalam setiap klik link yang dia sebarkan akan ada komisi.

Contoh Affiliate Marketing yang Perlu Diketahui

Penting juga bagi Anda untuk mengenal affiliate marketing dari sisi contohnya. Ada beberapa bentuk atau contoh affiliate marketing yang sering Anda lihat dalam kehidupan sehari-hari, namun Anda tidak menyadarinya.

Berikut ini beberapa pihak yang sangat sering melakukan konsep affiliate marketing di dalam dunia digital.

  1. Para influencer di sosial media
  2. Para blogger atau pengembang website
  3. Landing Page untuk Pencarian Berbayar
  4. Para pelaku email marketing
  5. Website besar di seluruh dunia

Bagi Anda yang ingin mendalami dunia affiliate lebih jauh, kelasbelajar.net adalah tempat terbaik untuk mempelajarinya. Anda dapat mengikuti Kelas Affiliate Marketing. Kami jamin Anda akan mengenal affiliate marketing dalam waktu yang singkat saja.

Similar Posts