Cara melakukan telegram marketing sebenarnya sangat mudah. Namun sangat jarang orang yang melakukan penerapan metode pemasaran satu ini dalam dunia bisnis. Hanya segelintir orang saja yang melakukannya.

Mungkin jarang orang tahu kalau Telegram begitu potensial untuk dijadikan sarana pemasaran di era modern ini. Padahal di luar sana ada banyak pengusaha yang berhasil meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah dari melakukan pemasaran via telegram seperti ini.

Mengenal Apa itu Telegram Lebih Jauh

Mungkin Anda belum tahu, Telegram ini adalah salah satu aplikasi chatting yang banyak diunduh di dunia. Penggunanya sudah mencapai ratusan juta. Popularitasnya semakin menanjak dan menyaingi aplikasi chatting lain seperti misalnya WhatsApp, messenger, dan lain-lain.

Menggunakan aplikasi ini Anda bisa dengan mudah menyebarkan pesan, gambar, video, file dan dokumen secara aman. Selain digunakan di smartphone, Anda juga bisa mengakses aplikasi ini di PC.

Fiturnya yang begitu lengkap mengantarkan telegram menjadi salah satu alat pemasaran. Terlebih lagi cara melakukan telegram marketing ini sama sekali tidak sulit. Bahkan pemula sekalipun bisa langsung memahaminya.

Pemasaran melalui telegram tidak hanya dilakukan oleh perorangan. Saat ini ada banyak perusahaan besar yang menjadikan telegram sebagai salah satu sarana promosi dan pemasaran produk mereka.

Bagaimana Cara Melakukan Telegram Marketing untuk Bisnis?

Dalam bisnis, pemasaran adalah aspek yang paling utama. Ada banyak sekali metode pemasaran yang bisa dipilih. Diantaranya adalah pemasaran via telegram ini. Dampak dari penggunaan Telegram marketing bisa mendongkrak penjualan hingga 2 kali lipat.

Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak pengusaha mandiri yang ada saat ini. Bahkan penerapannya tidak hanya dilakukan di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Tentu saja kami sangat merekomendasikan Anda untuk mencobanya juga.

Dikutip dari banyak sumber, ada 10 cara paling mudah untuk mengawali pemasaran dengan telegram. Langsung saja, ikuti langkah-langkah selengkapnya pada poin-poin di bawah ini.

  1. Gunakan grup telegram

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan grup telegram. Saat ini ada banyak sekali grup telegram yang bisa Anda masuki secara bebas. Ini bisa menjadi salah satu tempat terbaik untuk promosi barang Anda.

  1. Membuat komunitas sendiri

Jika Anda kesulitan untuk mencari grup yang cocok, cara melakukan telegram marketing lainnya adalah membuat komunitas. Kemudian undang orang-orang yang potensial ke dalam komunitas yang Anda buat tersebut. Setelahnya Anda bisa langsung meluncur ke direct selling.

  1. Gunakan prinsip “sharing is caring”

Seringkali tidak Anda sadari, memberikan informasi bermanfaat kepada orang lain akan membuat orang merasa berterima kasih. Jangan biarkan komunitas Anda sepi, isi dengan info bermanfaat selain hanya memberikan promosi produk di dalamnya.

  1. Cari dengan kata kunci yang tepat

Pada saat Anda hendak mencari grup telegram untuk pemasaran, cari grup tersebut dengan kata kunci yang tepat. Adapun kata kunci yang kami rekomendasikan adalah kata kunci penjualan seperti misalnya “jual beli” atau “forum online shop”.

  1. Gunakan channel telegram

Selain membuat grup Anda juga bisa membuat channel telegram untuk memberikan edukasi secara mutlak. Dengan menggunakan channel ini Anda hanya bisa melakukan komunikasi satu ini. Namun dampaknya tidak boleh Anda sepelekan.

  1. Maksimalkan fitur Chat Bot atau Chat Otomatis

Cara melakukan telegram marketing selanjutnya adalah dengan memaksimalkan fitur chat otomatis atau chat bot yang memang sudah disediakan oleh telegram. Penggunaan chat bot efektif untuk menjaga kedekatan Anda dengan konsumen.

  1. Nyalakan fitur keamanan

Jangan lupa untuk menyalakan fitur keamanan telegram. Hal ini akan membuat para pelanggan yang ada di lingkungan Anda merasa jauh lebih aman. Saat ini telegram diakui sebagai satu-satunya aplikasi chatting paling aman di dunia.

  1. Gunakan opsi pengiriman dokumen

Jangan lupa untuk menggunakan opsi pengiriman dokumen pada akun telegram Anda. Disini Anda bisa memilih untuk mengaktifkan aktivasi dokumen berukuran besar hingga 1,5 GB ataupun yang sudah dikompres saja.

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah menjalin komunikasi yang baik dengan para konsumen. Dengan komunikasi yang baik Anda akan mendapatkan banyak RO atau Repeat order dari para konsumen terdahulu.

Tertarik untuk mendalami telegram marketing? Daftarkan diri Anda di kelasbelajar.net dan ikuti Kelas Telegram Marketing. Akan kami berikan cara melakukan telegram marketing yang benar dan efektif.

Similar Posts